Susunan Kabel Jaringan Komputer ( Straight & Cross Cabel )

satoe7an.blogspot.com - Untuk mengawali postingan blog satoe7an ini, saya akan menjelaskan Susunan Kabel Jaringan Komputer ( Straight & Cross Cabel ) beserta cara merakitnya. Disini saya tidak akan menjelaskan gimana caranya agar komp1 terhubung dengan komp2 melalui jaringan ( lokal ), karena akan ada pembahasan selanjutnya mengenai konfigurasi jaringan dengan menggunakan alamat / IP.


Baiklah untuk memulainya pastinya sobat harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk perakitan kabel jaringan ini.
  1. Crimping tool.
  2. Kabel UTP.
  3. Rj45.

Dengan alat dan bahan diatas kita sudah bisa merakit kabel jaringan untuk komputer / laptop kita sob, caranya :
  • Potong ujung kabel UTP dengan menggunakan crimping tool yang sudah kita siapkan.
  • Kupas / buang kulit dari kabel UTP dengan menggunakan crimping tool tadi ( kira-kira panjangnya sekitar 2 atau 3 cm ).
  • Rapikan / susun isi dari kabel UTP sesuai dengan urutannya. Berikut ini saya kasih contoh gambar dari susunan kabel jaringan ( Straight dan Cross ).
    Dimana untuk susunan kabel straightnya ( putih-hijau, hijau, putih-orange, biru, putih-biru, orange, putih-coklat, coklat ). Dan jika sobat ingin membuat kabel cross dengan menukar posisi kabel waran hijau dengan warna orange, sedangkan putih-hijau dengan putih-orange ).
  • Potong ujung kabel yang sudah sobat rapikan dengan menggunakan crimping tool ( usahakan rapi ya sob, soalnya kalau ujung kabel tidak menyentuh pin dari masing-masing Rj45 sia-sia aja sob alias tidak konek kabel jaringannya. Padahal sudah benar susunannya dengan tutorial secara umum ).
  • Kemudian kunci Rj45-nya dengan menggunakan crimping tool ( memang serbaguna crimping tool ini ya sob ? :D alias 3in1, potong, kupas, kunci atau disingkat PKK, bukan ibu-ibu PKK sob...hehehehee....itu mah dikampung kita maing-masing ada ya sob ? :D.
  • Ok, coba colok ke-port LAN ( Local Area Network ) nya sob !. Kalau terhubung, berarti selamat sobat berhasil mengikuti tutorial ini dengan benar :D.
NB : Berhasil atau tidaknya perakitan kabel jaringan yang sobat buat, ditandai dengan icon LAN sobat tidak ditandai dengan tanda silang lagi.

Untuk pengalaman pribadi saya sob, saya menggunakan susunan kabel jaringan dengan susunan dengan mengurutkan dari PIN No.8 Rj45 ( coklat, putih-coklat, hijau, putih-biru, biru, putih-hijau, orange, putih-orange ). Intinya sob, semua pelajaran yang kita dapat tidak mesti harus mengikuti apa yang ditulis dari buku ataupun tutorial. Tapi, pengalaman adalah kuncinya. Jika mau mencoba, siapa tahu sobat dapat cara baru untuk penyusunan kabel jaringan versi sobat sendiri. Yang jelas sobat tahu, yang mana kabel untuk power dan mana kabel untuk data.

O iya sob, perlu diingat bahwa ujung kabel straight adalah sama dan digunakan untuk jaringan komputer / laptop dengan lebih dari 2 PC / laptop dengan menggunakan media penghubung HUB / Switch. Sedangkan kabel jaringan cross adalah dengan ujung yang berbeda antara ujung yang satu dengan ujung yang satunya lagi sob dan tidak menggunakan media penghubung alias langsung dihubungkan ke-PC / laptop sobat.

Selamat mencoba sob, semoga artikel ini bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jaringan Komputer dengan judul Susunan Kabel Jaringan Komputer ( Straight & Cross Cabel ). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://satoe7an.blogspot.com/2013/10/susunan-kabel-jaringan-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 06 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk "Susunan Kabel Jaringan Komputer ( Straight & Cross Cabel )"

Posting Komentar